Penyebab Utama Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas





1. Pengemudi Tidak Disiplin


Mungkin yang dimaksud pengemudi tidak disiplin di sini adalah pengemudi yang tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas dengan baik. Misal contohnya pengendara yang memutar padahal jelas-jelas ada tanda dilarang memutar. Mungkin hal tersebut dapat menimbulkan bahasa besar dalam lalu lintas.


2. Tidak Terampil Dalam Berkendaraan


Pengendara yang tidak terampil dalam berkendara misalnya pengendara yang berjalan di jalur tengah jalan, padahal pengendara tersebut melaju dengan kecepatan rendah, mugkin hal tersebut dapat menyebabkan pengendara di belakangnya menjadi jengkel.


3. Emosional, Mengantuk


Pengendara yang emosional cenderung berbahaya ketika berkendara. Hal tersebut dikarenakan seseorang ketika marah dia mudah dikendalikan oleh setan dalam agama ISLAM. Hal tersebut sangat berbahaya dalam berkendara di jalan raya. Pengendara yang mengantuk mungkin lebih kita jumpai dalam kasus kecelakaan lalu lintas. Lebih baik berhenti duu untuk istirahat ketika rasa kantuk sudah mulai datang.

4. Kecepatan Tinggi


Mungkin lebih sering seorang pengendara melakukan kecepatan tinggi karena dia tergesa-gesa untuk segera sampai ke tempat tujuan agar tidak telat. Oleh karena itu si pengendara melaju dengan kecepatan yang tinggi. Hal itu mungkin sangat berbahaya untuk si pengendara sendiri ataupun orang lain. Dalam posisi kecepatan tinggi,kita tidak tahu ada apa nanti di depan kita boleh jadi sesuatu yang mendadak dan kita tidak sempat untuk menghentikan kecepatan. Oleh karena itu melaju dengan kecepatan tinggi mungkin sangat berbahaya.


5. Tidak Memelihara Jalur dan Jarak Aman


Mengapa kita sering melihat kendaraan berat memasang tulisan di bagian belakang kendaraan "JAGA JARAK ANDA" Mungkin hal tersebut sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam berkendara.


6. Ban Pecah


Ban pecah mungkin menjadi tidak cukup berbahaya untuk kendaraan beroda dua. Tapi lain halnya dengan kendaraan berat. Kemungkinan kendaraan berat terebut dapat terguling dan membahayakan pengendara lain.


7. Jalan Licin


Jalanan licin sangat berbahaya ketika melaju dalam keadaan kencang. Apalagi untuk kendaraan beroda dua. Bila kendaraan roda dua tersebut mengrem mendadap dengan menggunakan rem depan dan tidak seimbang hal tersebut bisa menyebabkan bahaya pengendara langsung jatuh terpeleset jika kendaraan tersebut sebelumnya tidak seimbang dan oleng. Oleh karena itu sekarangada sepeda motor yang menggunakan kombinasi rem depan belakang.


8. Pandangan Tidak Bebas


Yang dimaksud pandangan tidak bebas mungkin ialah pangangan pengendara yang tertuju pada satu titik. Oleh karenanya, pengendara tersebut mungkin dalam keadaan bahaya karena penglihatannya hanya fokus pada satu titik saja. Padahal dalam berkendara kita harus mengawasi keadaan sekitar.


9. Kendaraan Tidak Layak Jalan


Mungkin kendaraan yang seharusnya tidak boleh dipakai karena umurnya. Tetap saja dipakai dengan memperbaiki bagian-bagian yang rusak.


10. Mabok Karena Mengkonsumsi Miras dan Narkoba


Pengendara yang seperti ini mungkin pengendara yang paling parah menurut saya. Dengan kelakuannya seperti itu, dapat membahayakan orang di jaan raya, ada juga yang bukan pengendara ikut menjadi korban

source : http://alfiansyahmaulana.blogspot.com/2013/03/penyebab-utama-terjadinya-kecelakaan.html

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda